Vaksinasi Guru Dan Tenaga Pendidik Dimulai, 650 Orang Disuntik Hari Ini

Situs KalderaNews.com adalah kumpulan orang-orang yang peduli dan paham dunia pendidikan dan teknologi untuk kemajuan Indonesia. Portal yang digawangi anak-anak muda yang pernah mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri ini diabdikan untuk memajukan dunia pendidikan dan teknologi di Indonesia. Mereka adalah pedagang pasar, pendidik, tokoh dan penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat, pemerintah, ASN, TNI-Polri, petugas pariwisata, pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, serta pekerja media. Selain itu, para tokoh lintas agama juga menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

“Banyak guru dan tendik bertanya-tanya, karena tidak kunjung mendapatkan panggilan vaksinasi. Selain itu, banyak juga guru yang mendapati nama dan nomor KTP-nya tidak terdaftar dalam peserta vaksinasi setelah mengecek portal ,” ujar Fandi. Vaksinasi untuk guru ditarget rampung bulan Juni karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan sekolah tatap muka dibuka kembali pada tahun ajaran baru bulan Juli mendatang. Berikutnya, dari Bandar Slot Online Majelis Nasional Pendidikan Katolik, Fanny Parera turut mendukung pemberian vaksinasi bagi PTK. Ia berharap, ke depan semakin banyak PTK yang divaksinasi agar Indonesia memiliki guru yang sehat dan pembelajaran dapat berlangsung seperti sedia kala. Ia menyarankan, guna memaksimalkan kebijakan vaksinasi, baiknya orang-orang yang sudah divaksin, terutama dokter bisa membagi pengalamannya agar masyarakat lebih yakin terhadap vaksinasi.

Karena guru yang belum di vaksin mereka tidak diizinkan untuk mengajar nantinya,” tutur dia. Pihaknya berkomitmen untuk selalu bersinergi membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 baik dalam vaksinasi program pemerintah maupun vaksinasi mandiri atau gotong royong ke depannya. Fandi mengaku, ia sendiri sebagai guru di DKI Jakarta tidak tahu ke mana harus memperoleh vaksinasi. Sebab, belum ada sosialisasi dan informasi dari Pemprov DKI Jakarta atau lembaga terkait.

Vaksin bagi guru di Jakarta

Dia menjelaskan, vaksinasi guru dan tenaga pendidik diprioritaskan untuk dilakukan di jenjang Paud, SD dan SLB dan yang sederajat karena di jenjang inlah pembelajaran tatap muka yang paling sulit dilakukan. Lalu kemudian tahap dua ke SMP, SMA dan SMK dan akhirnya tahap ketiga yaitu pendidikan tinggi. Sekitar pukul eleven.10 WIB Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang meninjau pelaksanaan vaksinasi ke lokasi kegiatan.

Berdasarkan survei FSGI yang diikuti oleh 2.406 guru dari 26 provinsi di Indonesia tercatat, persentase ketidaksediaan mengikuti vaksinasi Covid-19 guru usia muda cukup besar. Pada guru yang berusia 20 tahun hingga 29 tahun ada sebanyak 10,sixty one persen yang tidak bersedia mengikuti vaksinasi. P2G berharap pemerintah tidak tergesa-gesa menjanjikan melaksanakan PTM Juli 2021 meski dengan protokol kesehatan ketat. Hal itu demi mempercepat proses pembukaan sekolah untuk menggelar pembelajaran secara tatap muka.