Siswa Sudah Sangat Rindu Sekolah Tatap Muka, Gubernur Irwan Prayitno

Dan antusias orangtua sangat senang sekali, bahkan datangnya lebih awal dari jadwal saking khawatirnya tertinggal pelajaran,” ujar dia. Bahkan ketika orangtua siswa menanyakan dan meminta agar sekolah tatap muka segera dibuka, dia pun mengaku kebingungan untuk memberikan jawaban. Hari ini, Rayyan bersama belasan siswa lainnya sedang menjalankan simulasi protokol kesehatan Covid-19 untuk persiapan kegiatan belajar-mengajar tatap muka. Dalam penetapan pembelajaran tatap muka di sekolah, terdapat banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Hal ini mengingat masih perlunya kewaspadaan agar tidak terjadi kluster akibat dari pembukaan kembali sekolah menjadi pembelajaran tatap muka.

“Proses pembelajaran tatap muka dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tahap pertama ini kita prioritaskan kelas 9 SMP dan Kelas 6 SD,” ujar Wali Kota. Tentu jika proses belajar mengajar di SMP 2 berhasil, akan ada tambahan kuota proses belajar tatap muka ini.

Selain itu tak lupa senantiasa mengajak siswa untuk selalu berdoa semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir sehingga guru dengan siswa bisa bertemu kembali secara tatap muka. Untuk siswa kelas 6 lainnya akan melaksanakan pembelajaran tatap muka pada shift berikutnya. Jadi untuk Senin dan Rabu shift pertama, lalu Selasa dan Kamis shift kedua.

Anak rindu sekolah tatap muka

Menunggu hingga pembukaan sekolah kembali dilaksanakan seperti biasanya. Selama pandemi Covid-19 Kemendikbud memang melarang sekolah tatap muka di zona merah dan zona orange atau daerah yang penularan Covid-19 sangat tinggi. Pemerintah juga menyediakan kuota web free of charge untuk menyelenggarakan aktivitas belajar mengajar secara daring itu.

“Untuk materi yang mudah dapat diberikan lewat pembelajaran jarak jauh, untuk materi yang sulit dan memang perlu praktikum baru dilakukan dengan sekolah tatap muka. Tapi kalau sekolah belum siap sebaiknya tunda pembukaan,” pungkas Retno. Selain pertimbangan komorbiditas, Nadiem juga meminta agar masing-masing daerah secara ketat memantau perkembangan infeksi Situs Bola Online Covid-19 di daerahnya. Menurutnya, apabila terjadi infeksi di sekolah, tatap muka harus dihentikan sementara sampai kembali dinyatakan aman untuk belajar tatap muka. Dalam melakukan PJJ, Vivid menyarankan agar orang tua ikut serta berperan aktif dalam pembelajaran agar anak tidak merasa terbebani, penat, hingga stres saat harus belajar di rumah saja.