H Hendy Siwanto Tegaskan 1 Maret 2021 Sekolah Tatap Muka Sd, Smp Di Jember

Sementara itu Pengamat pendidikan Doni Koesoema mengungkapkan, penerapan sekolah tatap muka dapat diberlakukan berdasarkan kondisi di daerah masing-masing. Liputan6.com, Jakarta – Leman mengaku tidak rela jika harus melepas sang adik belajar tatap muka di sekolah, di tengah ancaman virus covid-19. Kendati seluruh guru sudah divaksinasi covid-19, ia tetap sanksi sekolah akan bebas dari keganasan virus tersebut. Purno Jayusman dan guru-guru kemudian mencoba penerapan belajar tatap muka selama seminggu tiga kali, dengan penerapan Protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, dibuat terbatas seperti pembuatan regulasi, penyusunan prosedur operasional standar terkait proses pembelajaran maupun proses pulang dan pergi peserta didik dari sekolah masing-masing. Selain itu dilakukan optimalisasi fasilitas sanitasi di sekolah, serta dilakukan juga terobosan pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus, dan lainnya.

Sedangkan untuk PAUD dan SD kelas 1 hingga 3, sekolah harus memperhatikan kesiapan siswa taat protokol kesehatan. Dalam rekomendasi selanjutnya, KPAI mendorong dukungan alokasi anggaran APBD dan APBN untuk mempersiapkan Bola Online pembelajaran tatap muka dan keberlangsungan pendidikan selama pandemi. KPAI mendorong 5 SIAP menjadi dasar bagi pembukaan sekolah di Indonesia, yaitu siap daerahnya, sekolahnya, gurunya, orang tuanya dan anaknya.

Dan, sekarang sudah memasuki bulan ketiga sekolah mengadakan belajar tatap muka dengan sistem membagi 30 orang murid menjadi dua shift yang masuk bergantian pada hari yang berbeda. Jam istirahat yang sebentar itu hanya digunakan untuk menyantap snack yang dibawa dari rumah. Itu juga harus duduk di kursi masing-masing, dan tidak boleh bertukar makanan dengan teman yang lain. “Sebelum pemeriksaan, memang kita sudah berikan kepada orang tua siswa surat pernyataan untuk mengizinkan anaknya untuk mengikuti pembelajaran tatap muka yang ditandatangani di atas materai,” ujar Usman.

Lebih lanjut Ainun mengatakan bahwa dua prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi tetap harus dijunjung. Pertama, memastikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama. Susunan prioritas vaksinasi dilakukan berdasarkan tingkat kesulitan pembelajaran jarak jauh dimana dibagi tiga tahapan. Tahap pertama pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, SD, SLB dan sederajat. Tahap kedua, pendidik dan tenaga kependidikan SMP, SMA, SMK dan sederajat. Sedangkan, pemda melalui dinas pendidikan dan kesehatan diimbau memastikan pemenuhan daftar periksa di setiap satuan pendidikan serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan.

Menurutnya, harus ada jaring-jaring pengaman dan protokol kesehatan yang ketat. “Saya hari ini memeriksa SMP N 1 Garut, sekolah kebanggaan Kabupaten Garut. Ada group guard, kita pastikan mereka pakai masker dan di sekolah sudah dipersiapkan cuci tangan, adanya social distancing dan tentunya kita mengurangi jam menjadi tiga jam. Ini merupakan simulasi dari Gerakan Ayo Sekolah, kita utamakan protokol kesehatan,” katanya. Bupati Garut Rudy Gunawan menerangkan, pihaknya telah memberikan izin untuk melakukan simulasi sekolah dengan kapasitas 30% sampai dengan 50% dengan mengutamakan protokol kesehatan. Pemerintah, lanjut Huda, harus menyiapkan pula anggaran khusus untuk memastikan prasyarat-prasyarat protokol kesehatan benar-benar tersedia sebelum sekolah dibuka.

Tahun ini, World Health Organization mengusung tema “Give blood and keep the world beating” dengan tujuan agar masyarakat dunia memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan mendonor darah. Dengan penataan fashionable, Pasar Ikan Balekambang Solo diharapkan memiliki standar mutu yang sesuai syarat kesehatan dan ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan semua pihak dalam menjalani protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19. Untuk pembelajaran, mau ada simulasi,” kata Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf saat dimintai konfirmasi mengenai perkembangan Covid-19 dan program pembelajaran di Cilacap, Kamis (27/8) petang.

Siswa dengan sarana dan dukungan terbatas paling merasakan dampak negatif dari dihentikannya kegiatan belajar di sekolah. Tanpa intervensi khusus saat sekolah dibuka kembali, siswa dari keluarga berstatus sosioekonomi rendah akan semakin jauhtertinggaldari siswa berstatus sosioekonomi tinggi. Namun, Nadiem berharap ketika vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan sudah sudah dilakukan, pembelajaran tatap muka akan semakin didorong dan dipercepat untuk seluruh satuan pendidikan.

Tatap muka bagi anak SD

Pedoman untuk memulihkan penurunan kemampuan siswa saat sekolah tatap muka dibuka kembali ini juga memuat aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pengajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini penting dilakukan khususnya bagi siswa dengan kemampuan akademik rendah, agar mereka dapat mengejar ketertinggalan. Sekolah dapat mengadopsi contoh-contoh diferensiasi pengajaran yang dijabarkan dalam dokumen ini dan menyesuaikannya dengan kondisi siswa di sekolah.

“Siswa dengan nomor absen 1-16 masuk di hari Senin dan Rabu, siswa dengan nomor absen masuk di hari Selasa dan Kamis,” tutur Jumeri. Keterlambatan vaksinasi terjadi di sejumlah daerah Indonesia misalnya di Jakarta, Sulawesi Selatan dan Batam. Belum ada sosok yang dominan atau memiliki elektabilitas di atas 15 persen.

Selain itu ketika anak tidak sepenuhnya diawasi orangtua akan rentan untuk tidak benar-benar belajar dengan serius. KBM daring yang sudah berjalan beberapa bulan ini semakin dikeluhkan oleh para siswa, orangtua, maupun para guru. Pasalnya KBM daring yang dilakukan dari rumah ternyata membuat para siswa dan orangtua cepat menjadi stress. Salah satu aspek yang sulit diajarkan dan diidentifikasi ketika pelaksanaan KBM daring adalah berkaitan dengan pendidikan karakter dan ethical. Tentu saja idealnya untuk mengukur karakter siswa haruslah dengan berinteraksi dan menganalisis secara langsung. Salah satu keuntungan dari KBM tatap muka adalah tidak membutuhkan koneksi internet dan gawai.