8 Cara Menjaga Imunitas Tubuh Dari Virus Corona

Akan tetapi hal ini juga diseimbangi dengan olahraga dan pola makan yang teratur untuk mendapatkan pola food regimen yang maksimal. SAYURAN merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ketika tubuh gagal mengelola darah dengan baik maka timbul berbagai penyakit berat yang menjadi penyebab Hb kita rentan turun. Solopos.com, SOLO–Bukan hanya lonjakan kasus Covid-19 yang jadi perhatian, dunia saat ini juga harus menghadapi realitas baru berupa lonjakan jumlah pekerja anak akibat pandemi.

UNICEF memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 dapat menyebabkan anak-anak yang sudah menjadi pekerja, untuk bekerja lebih lama dan dalam kondisi yang memburuk. Disampaikan Rudi, pihaknya berharap program vaksinasi massal itu dapat diikuti oleh masyarakat Kota Batam. Sementara itu Kadiskes dr I Nyoman Gunarta menjelaskan, vaksinasi dosis 1 yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Sedang dengan sasaran sebanyak 600 vaksin dengan 4 tim.

Banyak jenis olahraga yang bisa dipilih ODHA, antara lain bersepeda,jogging, jalan santai, dan lain-lain. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan durasi olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan penderita. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi dapat meningkatkan kekebalan tubuh ODHA, meringankan gejala penyakit, dan mencegah terjadinya komplikasi HIV.

Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor. Penting untuk tidak menjalankan food regimen tidak berdasar yang menekankan kepatuhan pada daftar ketat makanan atau aturan food regimen. Dalam beberapa kasus, food regimen semacam ini dapat menekan fungsi kekebalan tubuh. membuat sistem kekebalan tubuh bisa menjadi semakin lemah, organ hati menjadi rusak,dan efek ketergantungan jangka panjang. Menurut sebuah studi yang dilakukan, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau berpotensi kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk digunakan saat bepergian juga cukup efektif untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tidur cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dalam situs Kompas dijelaskan bahwa tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima; sehingga siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena saat Anda tidur, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Makan makanan yang berserat setiap harinya seperti, buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan cara menjaga daya tahan tubuh.

Asupan bergizi seimbang berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang Anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Misalnya, makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

Olahraga setiap hari bisa menambah imunitas

Beberapa orang mungkin tak mengira bahwa stres sebenarnya sangat berkaitan dengan sistem imun. Misalnya, stres jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun, serta memancing peradangan. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. Pada latihan kebugaran, progresi beban latihan tergantung pada standing kebugaran seseorang, status kesehatan, usia, kebutuhan, dan tujuan hidup. Rekomendasi saat fase awal latihan dengan cara meningkatkan durasi latihan. Dimulai dari 5 – 10 menit di fase awal (minggu 1-2), dilanjutkan dengan peningkatan durasi latihan mencapai menit dalam sekali latihan.

Sehingga bila Anda kurang tidur, dapat mempengaruhi tubuh dalam memproduksi antibodi dan sel-sel lainnya. American Academy of Sleep Medicine, Sleep Research Society dan National Sleep Foundation merekomendasikan untuk dewasa agar mendapatkan cukup tidur selama 7 – eight jam. Melakukan olahraga selama ninety menit dirasa lama sekali dibandingkan jika Anda menghabiskan selama ninety menit di depan televisi, apalagi bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga. Umumnya, Anda bisa melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari.