7 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Selain Nasi

Kamu dapat membuat nasi kembang kol dengan cara memotong bagian bunganya lalu diparut. Parutan kembang kol ini kemudian dikukus atau direbus selama lima menit. Serat dalam oatmeal bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Seorang ahli gizi asal Inggris, Kerry Torrens, menyatakan bahwa jelai merupakan biji-bijian yang kaya akan serat, protein, dan juga mineral. Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri. Oleh sebab itu, risoni bisa menjadi sumber serat dan karbohidrat yang bagus saat sedang diet. Orzoatau risoni adalah sejenis pasta yang bentuk, ukuran, dan teksturnya mirip dengan nasi.

Kandungan gizi uji jalar per a hundred gram yaitu energi 151 kkal, protein 1,6 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 35,four gram, vitamin C 10,5 gram, besi 0,7 gram, kalsium 29 mg, dan serat 0,7 gram. Beragam potensi pangan lokal layak dicoba karena tidak hanya mengenyangkan seperti nasi, namun kandungan gizinya juga tidak kalah dari nasi. Bahkan, beberapa pangan lokal memiliki keunggulan sehingga layak menjadi makanan pengganti nasi. Menurut dia, singkong atau ubi kayu merupakan sumber karbohidrat terpenting ketiga setelah beras dan jagung. Selain itu, juga dapat menjadi sumber pangan pokok lokal nasional dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Setelah itu, tumis dengan minyak zaitun selama 5-8 menit hingga empuk.

Maka, jadilah makanan pengganti nasi yang hanya mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat. Sayuran ini bisa diolah menjadi “nasi” yang sehat dan kaya serat. Cara mengolahnya, cukup dengan memotong kembang kol menjadi kecil-kecil dan menghaluskannya di blender atau meals processor , hingga bentuknya menyerupai nasi. Makanan pengganti nasi yang bisa dijadikan menu food plan dan tetap mengenyangkan perut adalah jagung. Jagung menjadi salah satu hasil pertanian yang cukup populer di Indonesia. Untuk menu diet, jagung ini bisa diolah menjadi jagung rebus, jagung kukus serta nasi jagung.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan 1/2 cangkir menyediakan lebih dari 25% dari Nilai Harian untuk tubuh Anda. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan imun. Satu porsi 1/2 cangkir kembang kol hanya memiliki 13 kalori, bandingkan dengan a hundred kalori untuk satu porsi nasi putih. Makanan pengganti nasi untuk food regimen selanjutnya adalah Shirataki. KOMPAS.com – Walau sedang food regimen kamu tetap disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat. Menurut Healthline, mungkin nasi tidak sesuai untuk kebutuhan diet semua orang.