5 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Di Wajah

Tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah, dan terasa gatal. Jika perubahan gaya hidup dan pemakaian bahan alami tidak memberikan hasil, Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pada kondisi tertentu, kulit kering mungkin menandakan penyakit kulit lain yang perlu penanganan medis. Cukup celupkan lap bersih ke susu dingin dan usapkan pada kulit kering Anda selama 5 – 7 menit. Anda pun bisa menambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke dalam empat sendok makan susu.

Ada lactid acid dalam yoghurt yang bisa bikin kulit wajah terlihat lebih segar alami. Kandungan beragam gizi dan vitamin tersebut mampu menyembuhkan infeksi kulit dan menyembuhkan jerawat. Madu juga bisa mempertahankan kadar air dan menjaga kulit agar tak mudah iritasi. Hindari paparan sinar matahari utamanya di jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Gunakan sunblock yang mampu melindungi kulit dari UVA dan juga UVB untuk lebih aman lagi.

Hal ini membuat lapisan atas kulit wajah mengelupas untuk membuka jalan tumbuhnya sel-sel kulit baru. Tentunya, proses perawatan ini hasilnya tidak instan, alias tidak bisa hanya sekali langsung kelihatan hasilnya. Kamu perlu melakukannya dengan rutin, teratur dan konsisten untuk bisa melihat adanya perbaikan pada kondisi kulitmu, setidaknya dalam satu bulan pertama.

Essential oil dan absolute memiliki efek antibakteri yang kuat terhadap penyebab jerawat, E. Karena air mawar mengandung minyak mawar, air mawar juga dapat membantu meminimalkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit kamu. Kulit yang merah dan iritasi tentu mengganggu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Air mawar atau rose water adalah air wangi yang dibuat dengan cara merebus atau menyaring uap dari kelopak bunga mawar. Selain itu, ada juga istilah whitening peeling, yakni perawatan khusus untuk jenis kulit wajah yang berminyak, kusam, flek, komedoan dan berjerawat. Cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang selanjutnya adalah menggunakan tomat.

Cara agar muka tidak kering

Ketika kulit terasa kering dan kaku maka segeralah lakukan perawatan yang tepat. Kamu bisa gunakan sabun wajah juga untuk melembapkan wajah kamu. Namun, hati-hati kala memilih sabun wajah ya, jangan sampai sabunnya malah bikin kulit wajah makin kering. Beraktivitas seharian penuh di luar ruangan tentu membuat tubuhmu terpapar banyak debu dan polusi jalanan. Aroma kesegaran inilah yang bisa membantu meningkatkan mood dan membuat badan terasa nyaman.

Nah, eksfoliasi bibir juga berguna untuk membuatnya tetap merah alami meski terus menggunakan lipstik. Kalian dapat menggunakan scrub bibir alami rumahan buatan sendiri, yang murah dan mudah, ketahui di sini. Saat musim dingin, kalian tetap membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit. Tapi kalian bisa memakan tabir surya yang memiliki SPF lebih rendah sekitar 15 hingga 20 saja.

Menghabiskan terlalu banyak waktu dalam air dapat menghilangkan sebum dari kulit. American Academy of Dermatologymerekomendasikan dengan membatasi mandi hingga 5-10 menit atau kurang untuk membantu merawat kulit kering. Agar kondisi kulit kering tidak memburuk, sebaiknya gunakan pelembap setiap hari. Pilih oil-based moisturizer untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit. Merawat kulit kering juga harus diupayakan dari dalam, yakni melalui makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E, omega 3, dan zinc merupakan cara alami mengatasi kulit kering.

Kulit kering dan kusam ini tentu membuat kamu kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Selain itu kulit kering membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembaban yang lebih sering ketimbang kulit normal ataupun berminyak.